breaking news New

Kuliner Khas Demak Menciptakan Cita Rasa Lezat dan Enak

Kabupaten Demak berada di Jawa Tengah, dimana memiliki bangunan bersejarah yaitu Masjid yang megah dan indah. Demak menjadi salah satu tempat yang menyenangkan untuk berlibur dan bersantai menikmati hari. Sambil bersantai, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Demak yang sangat kaya dengan rasa.

Selain lezat, kuliner khas Demak juga sangat menarik dan sulit ditemukan di daerah lain. Itulah sebabnya, apabila kamu ke Demak, kamu perlu mencicipi makanan ini dan merasakan kelezatan yang diciptakannya. Berikut beberapa kuliner khas Demak yang menciptakan cita rasa lezat dan enak.

1. Botok Telur Asin

Sudah tidak asing bukan dengan makanan ini? Jika kamu tinggal di pulau Jawa pasti kamu tidak asing dengan makanan unik ini. Hanya saja, Demak menyediakan Botok dengan telur asin. Menarik bukan?

Botok biasanya ditemukan dengan sayur atau ikan, bahkan beberapa menambahkan petai agar terasa lebih nikmat. Nah, Botok khas Demak ini adalah Botok Telur Asin. Terdiri dari telur asin, cabai, bumbu, tahu, dan parutan kelapa. Semua bahan itu dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus hingga matang, lalu Botok Telur Asin sudah bisa dihidangkan.

Memiliki cita rasa rempah rempah yang sangat kuat karena bumbunya terbuat dari jahe, lengkuat, bawang putih, bawang merah, garam, dan kencur. Memiliki cita rasa asin, manis, gurih, dan pedas.

2. Brayo

Apakah kali ini kamu terdengar asing? Camilan sehat ini terbuat dari daun bayam yang dicampurkan dengan bumbu dan tepung, lalu digoreng perlahan-lahan. Brayo ini cocok untuk menjadi camilan setiap hari dan juga menjadi oleh oleh untuk orang tersayang. Menciptakan tekstur yang gurih dan renyah, cocok untuk dinikmati kapan saja.

3. Wingko Salem

Ini dia makanan populer lainnya. Camilan ini tidak hanya disukai warga Demak tapi juga berbagai daerah di Indoneisa. Hanya saja penjualan Wingko Salem ini cukup sulit juga di luar Demak.

Terbuat dari tepung ketan, gula, garam, yang kemudian diolah sedemikian rupa sehingga menciptakan rasa manis dan legit yang pas di mulut. Teksturnya cukup kenyal namun tidak alot.


Itu dia kuliner khas Demak yang bisa dijadikan camilan atau pelengkap dari makanan utama. Kalau kamu sedang di Demak jangan lupa mencobanya ya!